Jumat, 01 Mei 2015

Membuat Kliping Yuk's

Cara Membuat Kliping Yang Baik

Pengertian
Kliping adalah suatu proses pencarian, pemilihan dan penyajian informasi yang berupa potongan berita atau gambar. Potongan berita,artikel dn gambar bisa diperoleh dari majalah, Koran, atau sumber lain.
Isi kliping sangat beragam tergantung informasi apa yang ingin disampaikan atau yang ditugaskan bila itu tugs sekolah. Misalnya kliping berita actual, gambar binatang atau kumpulan resep.
Biasanya media kliping berbahan dasar kertas bisa berupa lemabaran, berbentuk buku atau dijilid menyerupai proposal misalnya.
Biasanya Kliping hanya memuat satu tema, hal ini member keuntungan yaitu informasi yang diberikan akan lebih dalam dan komplit.

Bagaimana cara membuat kliping yang menarik?

Klipingpun bisa dijadikan karya seni, oleh karena itu kita buat dan susun dengan sungguh-sungguh tidak asal-asalan.


Pertama, Carilah seluruh informasi (gambar dan artikel) yang berhubungan dengan tema mulai dari tahun-tahun sebelumnya hingga yang terbaru. Lalu guntinglah atau potonglah informasi tersebut (sumbernya misalnya nama majalah atau Koran, tanggal terbitan. informasinya harus jelas). Pilihlah gambar/artikel yang relevan dengan tema.

Kedua, Potonglah gambar/artikel dengan rapih. Menggunakan Cutter dan penggaris logam sangat disarankan karena akan membuat garis potongan terlihat rapih.


Ketiga, Gunakan kertas alas/dasar yang sesuai. Kertas yang terlampau tipis akan membuat kliping yang ditempel menjadi tidak rapih.

Keempat, Dalam mengelem disarankan menggunakan lem yang cepat kering, misalnya glue stick. Hal ini untuk menghindarkan kertas rusak dan bergelombang.
Kelima, Sebelum dilem, atur dahulu tata letaknya. Jarak antar kliping jangan terlampau dekat karena akan merusak kerapihan dan keindahan.  Kreasi tata letak/lay out merupakan kreasi dan desain anda sendiri. Cobalah untuk kreatif!

Keenam, metode penyusunan  dapat menggunakan penyusunan berdasarkan kategori, atau penyusunan berdasarkan tanggal. Penyusunan berdasarkan kategori cocok untuk kliping yang berisi tentang tips kehidupan sehari-hari, misalnya kliping tentang manfaat buah berdsasarkan golongan darah.  Sedangkan penyusunan berdasarkan tanggal lebih cocok untuk kliping berita yang isinya dari waktu ke waktu, misalnya berita tentang pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

Ketujuh, bila berbentuk buku maka penting untuk memilil cover yang tepat. Sampul atau Cover yang menarik menentukan apakah pembaca akant tertarik atau tidak dengan kliping tersebut. Hal ini karena sampul merupakan halaman yang pertama kali dilihat oleh pembaca. Semakin menarik sampul, maka semakin tinggi peluang pembaca akan tertarik membaca kliping tersebut.

Kedelapan, ini juga bila berbentuk buku makan nomor halaman dan daftar isi dari kliping juga penting. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca mencari informasi yang mereka inginkan.


http://rohmatullahh.blogspot.com/2013/10/contoh-cara-membuat-kliping.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar