Sabtu, 08 Maret 2014



Surat An Nashr 

Surah An-Nashr mengisyaratkan bahwa tugas Nabi Muhammad saw. sebagai rasul telah mendekati masa akhir. Bahkan, secara keseluruhan surah An-Nashr merupakan surah yang diterima Nabi Muhammad saw. menjelang akhir masa kerasulannya. Meskipun demikian, dalam Al-Qur’an surat ini ditempatkan pada urutan ke-110.

Isi Kandungan
Surah An-Nashr terdiri atas 3 ayat. Surah An-Nashr diturunkan di kota Mekah setelah Nabi Muhammad saw. hijrah. Yaitu ketika Nabi Muhammad saw. dan para sahabat hendak melaksanakan haji wada’. Surah An-Nashr tergolong surah Madaniyyah, meskipun ayatnya pendek-pendek. Surah An-Nashr diturunkan sesudah surah At-Taubah. Kata An-Nashr diambil dari ayat pertama surah ini yang artinya pertolongan (kemenangan).


Isi kandungan surah An-Nashr ada dua hal penting yang termuat di dalamnya, yakni:


a. Janji Allah, bahwa pertolongan-Nya akan datang dan Islam akan mendapat kemenangan. Dalam surah ini dijelaskan bahwa Rasulullah saw. dan para pengikutnya dalam perjalanan menuju Mekah untuk menunaikan ibadah haji yang kemudian dikenal dengan haji wada’. Bertambahnya jumlah umat muslim serta berkembangnya Islam merupakan tanda bahwa Allah telah membuktikan janji-Nya memberikan kemenangan bagi Nabi Muhammad saw. dan umatnya. Setelah meraih kemenangan, kita harus bersyukur kepada Allah sebab semua kemenangan datang karena pertolongan dari-Nya.

b. Perintah dari Allah agar bertasbih memuji-Nya, dan meminta ampun kepada-Nya saat terjadi peristiwa menggembirakan. Surah an-Nashr ini merupakan penghibur bagi orang-orang yang beriman sekaligus sebuah pendidikan istigfar untuk memohon ampunan kepada Allah tidak hanya patut dilakukan saat merasa kegelisahan atau merasa bersalah, melainkan seyogianya manusia juga beristigfar ketika memperoleh kemenangan atau sedang diliputi perasaan suka atau gembira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar